KKPN Raja Ampat
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
60.000 Ha
Luas Kawasan
Suaka Alam Perairan
Jenis Kawasan

Raja Ampat merupakan destinasi wisata yang terletak di wilayah Papua. Wisata ini sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Wisata Kepulauan Raja Ampat berada dikawasan teritorial Papua Barat, yang merupakan sebuah gugusan pulau yang tersebar dengan jumlahnya berkisar 610 pulau. Para wisatawan yang berasal dari penjuru dunia sengaja datang kesini untuk menikmati keindahan pulau dan keunikan wisata bawah lautnya, serta menjelajahi dinding - dinding bawah laut dengan cara menyelam. Disini wisatawan juga bisa mengarungi gugusan kepulauan besar dan kecil, pegunungan, hutan tropis, untaian karang laut, pantai pasir putih serta keaneka ragaman kehidupan satwa yang ada di kawasan wisata Raja Ampat. Pergi berwisata ke tempat wisata yang dikenal sebagai surga bawah laut ini juga membutuhkan keinginan kuat, memiliki jiwa petualang, kegemaran akan menyelam, dan tentunya modal yang cukup besar.

Status Penetapan

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. Kep. 64/Men/2009

Zonasi

Nomor 63/Kepmen-Kp/2014 Tentang Rencana Pengelolaan Dan Zonasi Suaka Alam Perairan Kepulauan Raja Ampat Dan Laut Di Sekitarnya Di Provinsi Papua Barat Tahun 2014 – 2034

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Mangrove, Lamun, Lumba-lumba, Paus, Duyung, Penyu, Manta , Hiu, Hiu paus dan 699 jenis mulusca, 530 siput-sipuan, 159 kekerangan, 2 scaphoda, 5 cumi-cumian dan 3 chiton.

Wisata yang Tersedia

Penyelaman, snorkeling, pengamatan burung, olahraga air, goa dan tempat bersejarah.

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, restoran, operator selam, toko souvenir, resort dan cottage.

Transportasi

Dari waisai menggunakan speed boat/perahu motor.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.