Gili Banta
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
40,500.00 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Gili Banta merupakan pulau kecil tak berpenghuni di wilayah Sumbawa yang memiliki pesona alam yang indah terutama bawah lautnya. Tak heran bila pulau ini dijadikan sebagai Kawasan Konservasi Perairan Daerah. Diantaranya pesona terumbu karang bawah lautnya yang berwarna violet dan hitam, rumput laut yang terdapat di sela-sela karang, biota laut seperti kima, lobster, bintang laut, ikan kepe-kepe dan yang lebih menakjubkan setiap bulan Juni-Juli sering terjadi migrasi bagi lumba-lumba dan paus.

Pulau Gili Banta ini memang terlihat tandus, karena bukitnya yang kering dan tidak banyak tumbuhan hijau yang tumbuh disana, namun siapa sangka bahwa Pulau Gili Banta ini memiliki Pantai dan taman bawah laut yang sangat indah. Selain snorkeling dan scuba diving, wisatawan juga bisa memancing dan bermaian ski air di Gili Banta ini.

Status Penetapan

Keputusan Bupati Bima Nomor 08 Tahun 2005 tanggal 02 Januari 2005

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, mangrove, lumba-lumba, paus ,kima, lobster, bintang laut, ikan kepe-kepe, ikan pelagis, cumi-cumi

Wisata yang Tersedia

snorkeling wisata pantai, olahraga air, penyelaman

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, Restoran , toko souvenir

Transportasi

Sarana transportasi penumpang dan barang untuk menuju Gili Banta secara resmi tidak ada. Hal ini dikarenakan, pulau tersebut jarang dikunjungi oleh penduduk maupun para nelayan lokal. Penyebarangan ke Gili Banta melalui dermaga penyeberangan Sape dapat

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.