Pulau Pinang, Siumat dan Simanaha (Pisisi)
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
50,000 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Perairan Pulau Pinang, Siumat dan Simanaha (Pisisi) berada pada Kabupaten Simeulue yang merupakan pemekaran dari kabupaten Aceh Barat berdiri tegar di tengah-tengah Samudera Hindia. Simeulue dikenal dengan keindahan pantainya dan hasil laut yang melimpah. Simeulue menjadi surga bagi segala jenis ikan dan bagi anda-anda yang suka keindahan laut.

Berikut beberapa lokasi Wisata di Kabupaten Simuelue yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, yaitu: Pantai Ganting, selain hamparan pasir yang memutih juga di latar belakangi oleh Pulau Siumat yang terkesan sangat indah, karangnya yang menawan menghiasi suasana laut di ganting; Pantai Tanggul Indah, wisata Pantai Tunggul dengan keunikan tersendiri yaitu adanya karang-karang besar yang hadir setelah Gempa dan Tsunami pada Tahun 2004; Pulau Taman Raja Rayo, merupakan salah satu pulau yang terpisah dari pantai, pulau ini berada di kawasan teluk Pantai Busung di Kecamatan Teupah Tengah, Simeulue. Objek wisata ini dilengkapi dengan tujuh unit bungalow dengan fasilitas kamar suiteroom, musalla, kolam renang dan kolam pancing; Makam Teungku Diujung, merupakan sebuah makam keramat yang berada di Kampung Latak Ayah.

Status Penetapan

SK Bupati Simeulue No. 523.1/104/SK/2006 tanggal 9 April 2006

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, mangrove, lamun, penyu, rumput laut (alga hijau, coklat dan merah), lobster dan kerapu

Wisata yang Tersedia

pasir putih, berenang, berselancar, tempat peneluran penyu, snorkelling, olahraga air, Goa, Tempat bersejarah, penyelaman

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, Restoran, Toko Suvenir

Transportasi

Untuk mencapai KKLD Pulau Pinang, Siumat, dan Simanaha (Pisisi), dapat ditempuh dengan dua cara :

 

Dari Medan menggunakan transportasi udara ke Bandara Lasikin-Sinabang (Ibukota Kabupaten Simeulue) dengan jadwal penerbangan 5 x 1 minggu.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.