Kep. Anambas
516 Penilaian
Lumba-Lumba
Habitat Ikonik
1.262.686,2 ha
Luas Kawasan
Taman Wisata Perairan
Jenis Kawasan

Pesona pasir putih dengan keindahan pantai serta perairan yang jernih menjadi salah satu daya tarik wisata di Kepulauan Anambas, khususnya bagi pecinta traveling seperti snorkling, wisata pantai, olahraga memancing dan diving. Salah satu tempat yang saya selami  adalah Pulau Selai, salah satu bagian dari Kepulauan Anambas. Pulau Selai ini berada di paling timur Kepulauan Anambas. Berbagai jenis ikan karang bisa ditemui antara lain famili Pomacentridae, Acanthuridae, Siganidae, Balistidae, Pomachantidae, Chaetodontidae.


Beberapa obyek wisata yang menarik di tempat ini diantaranya adalah Pulau Selai, Pulau Bawah, Pulau Berhala serta Pantai Padang Melang. Masing-masing tempat wisata tersebut mempunyai keistimewaan sendiri. Seperti di Pulau Selai, terdapat beberapa titik penyelaman yang cocok untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga menyelam. Sedangkan di Pulau Bawah terdapat sebuah laguna atau danau air laut kecil yang terletak di lautan dangkal dimana Anda bisa dengan jelas melihat ikan-ikan maupun terumbu karang dari atas permukaan air.

Status Penetapan

KepMenKP No. 37/KEPMEN/2014. Tgl 6 Juli 2014

Zonasi

KEP.35/MEN2011 : Zona inti, perikanan berkelanjutan, pemanfaatan dan rehabilitasi

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Lumba-lumba, Ikan karang

Wisata yang Tersedia

Menyelam, Snorkeling, Olahraga Air

Transportasi

Terdapat kapal "KM Bukit Raya" milik PELNI yang setiap minggu berlabuh di Terempa, Letung dan Midai; penerbangan tersedia setiap hari dengan rute Tanjung Pinang-Anambas dan Batam_Anambas

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.