Teluk Maumere
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
59.450 ha
Luas Kawasan
Taman Wisata Alam Laut
Jenis Kawasan

Taman laut teluk Maumere merupakan salah satu taman laut terindah di Indonesia dengan berbagai macam biota laut dan terumbuh karang yang berwarna-warnii di dalamnya. Teluk Maumere dihiasi tujuh pulau kecil yang unik dan indah memanjakan mata. Pulau Besar, Pulau Sukun, Pulau Kambing, Pulau Pangabatang, Pulau Babi, Pulau Pemana dan Pulau Kondo yang memiliki pantai berpasir putih dan diselimuti hutan bakau yang asri. Terumbu karang dengan segala kehidupan yang terdapat di dalamnya merupakan sumberdaya yang memiliki keanekaragaman biologis yang tinggi, pesona keindahan, dan menyediakan cadangan sumber plasma nutfah.

Sedikitnya 1.200 spesies ikan hidup di perairan itu. Dengan berbagai keunikan di Pantai Wairterang juga mengingat begitu besarnya potensi Teluk Maumere. Pantai Wairterang memang terlihat memikat karena berada di tengah Teluk Maumere. Dari pantai kita bisa memandang pulau besar di tengah laut. Banyak wisatawan duduk–duduk menikmati pemandangan pantaingunjung yang mandi. Beberapa pengunjung asyik bermain bola kaki di pasir.

Status Penetapan

Menteri Kehutanan No. 126/Kpts-II/1987: Tgl 21-04- 1987

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Mangrove, Lamun, Paus

Wisata yang Tersedia

Penyelaman, Snorkeling

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, Restoran, Toko Suvenir

Transportasi

Jalan darat bisa dilalui dari Denpasar, lalu menyeberangi pelabuhan dan menuju Pulau Flores. Jika dilalui dengan jalur darat, jarak Sumba-Bima dapat ditempuh dengan jarak 1.221 km dengan lama perjalanan 34 jam. Rute penerbangan menuju 

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.