Suaka Alam Perairan Waigeo Sebelah Barat
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
271.630 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Nasional
Jenis Kawasan

Raja Ampat ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) karena memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang tinggi berupa terumbu karang, mangrove, litoral dan rumput laut. Wilayah ini terletak di ‘jantung’ kekayaan terumbu karang dunia yang dikenal dengan sebutan Segitiga Karang/Coral Triangle. Kepulauan ini merupakan salah satu kawasan yang memiliki fauna ikan karang terkaya di dunia yang terdiri dari paling sedikit 1,074 spesies serta merupakan areal pembesaran bagi sebagian besar jenis penyu yang terancam punah.

Karakteristik fisik perairan Kepulauan Raja Ampat memungkinkan kawasan ini menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi sejumlah biota perairan khususnya terumbu karang. Kedalaman perairan yang relatif dangkal, kejernihan air dan intensitas keterpaparan cahaya matahari yang cukup, menjadikan perairan Raja Ampat sebagai habitat yang baik untuk komunitas karang. Kecerahan di perairan Raja Ampat berkisar antara 4 - 23 m dengan rata-rata kecerahan 12,91 m. Kecerahan terrendah berada di Teluk Mayalibit yang hanya mencapai 4 - 5 m. Hal ini karena tingginya tingkat kekeruhan perairan di Teluk Mayalibit yang disebabkan banyaknya bahan tersuspensi. Sedangkan kecerahan maksimum berada di perairan daerah Kofiau yang mencapai 23 m. Hal ini diperkirakan karena lokasi ini berada pada kawasan perairan bebas (cukup jauh dari daratan) sehingga pengaruh bahan-bahan tersuspensi yang berasal dari aktivitas daratan sangat kecil.

Status Penetapan

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia No. Kep. 65/Men/2009

Zonasi

Nomor 60/Kepmen-Kp/2014 Tentang Rencana Pengelolaan Dan Zonasi Suaka Alam Perairan Kepulauan Waigeo Sebelah Barat Di Provinsi Papua Barat Tahun 2014 – 2034

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Mangrove, Lamun, Lumba-lumba, Paus, Duyung, Penyu, Manta, Hiu, 699 jenis molusca, 530 siput-sipuan, 159 kekerangan, 2 scaphoda, 5 cumi-cumian dan 3 chiton

Wisata yang Tersedia

Penyelaman, Snorkeling, Pengamatan Burung, Olahraga Air, Goa, Tempat Bersejarah, wisata pantai

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, Restoran, Operator Selam, Toko Suvenir, Resort, Cottage

Transportasi

Menggunakan pesawat menuju Sorong, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan laut menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Sorong menuju Waisai.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.