Gili Balu dan Tatar Sepang
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
6.728,36 Ha
Luas Kawasan
Taman Pulau Kecil dan Taman Pesisir
Jenis Kawasan

Wisata kepulauan ini tak kalah cantik dengan Gili Trawangan ataupun Gili Meno yang ada di pulau Lombok. Dengan pemandangan alam bawah laut yang indah, segarnya pantai yang jernih dan pasir putih yang mengelilingi gugusan kepulauan kecil ini. Gili Balu (dalam bahasa Suku Sumbawa berarti “Pulau Delapan) terdiri dari 8 buah pulau-pulau kecil yang masih alami karena sebagian besar pulau-pulau ini tak berpenghuni.

Untuk anda yang ingin berwisata foto, adrenalin anda akan dipicu dengan banyaknya view-view cantik yang akan menambah pengalaman anda. Anda harus mengunjungi lokasi ini sepagi mungkin atau sesore mungkin, untuk mendapatkan moment-moment indah dengan gradasi warna gambar yang unik dan beragam.

Di Pulau Belang anda dapat menikmati pantai-pantai perawan dengan tumbuhan mangrove di sepanjang bibir pantai. Suguhan panorama yang lebih unik dapat anda temui disini dengan keanekaragaman hayati didalamnya. Untuk sementara waktu, bagi anda yang ingin berkunjung dan menginap di kepulauan ini anda bisa menumpang di rumah-rumah penduduk warga setempat dengan harga yang dapat anda negosiasikan dengan pemilik rumah. Anda tak perlu khawatir kantong anda menipis untuk urusan sewa menyewa ini  karena harganya yang relative murah.

Status Penetapan

SK Gubernur Nusa Tenggara Barat Nomor 523-505 Tahun 2016 Tentang Pencadangan Kawasan Konservasi Perairan dan Pulau-pulau Kecil Provinsi Nusa Tenggara Barat

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, penyu, terumbu karang

Wisata yang Tersedia

Wisata pantai, perahu wisata, diving, snorkeling, berenang

Fasilitas Pendukung Wisata

Pondok Wisata, Jalan Wisata, Pos Jaga, MCK

Transportasi

Untuk mengunjungi gugusan pulau-pulau indah ini anda memiliki 2 alternatif yaitu :
1.    Speed Boat selama ± 15 menit dengan rute dari Pelabuhan Tano – Pulau Kenawa PP dengan kapasitas 10 orang Rp. 250.000 sedangkan untuk rute P

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.