Teluk Kiluan
516 Penilaian
Lumba-Lumba
Habitat Ikonik
76.214,33 ha
Luas Kawasan
Taman Wisata Perairan
Jenis Kawasan

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri , Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia.

Sepanjang jalan sebelum memasuki pintu gerbang Teluk Kiluan masih banyak dijumpai warung-warung dan toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Karena saat sudah memasuki area Teluk Kiluan, sangat sulit ditemukan warung dan toko penjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal. Sedangkan menu makanan harian disediakan oleh pemilik penginapan.

Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas. Di Teluk Kiluan ini dapat melihat kumpulan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan ekor. Teluk Kiluan sebagai jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dengan badan lebih besar, berwarna abu-abu. Yang kedua adalah lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil. Jumlah kedua lumba-lumba itu sangat banyak karena yang melewati Teluk Kiluan ini diperkirakan mencapai ratusan bahkan ribuan lumba-lumba. Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Lumba-lumba sebaiknya dilihat pada pagi hari pukul 06.00.

Status Penetapan

SK Pencadangan Bupati Tanggamus Nomor B.399/32/11/2014

Zonasi

SK Pencadangan Bupati Tanggamus Nomor B.399/32/11/2014. Zona inti, perikanan berkelanjutan, rehabilitasi

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Mangrove, Lumba-lumba, Penyu

Wisata yang Tersedia

Menyelam, Snorkeling, pengamatan mamalia laut

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan, Restoran, Toko Suvenir

Transportasi

Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat dicapai selama 3 jam menggunakan mobil.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.