Selat Tiworo (Muna Barat)
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
27.936 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Kabupaten Muna Barat merupakan daerah potensial untuk pengembangan agrowisata dan wisata sejarah. Muna Barat memiliki perairan bawah laut yang kaya, karang dari berbagai jenis bentuk dan spesies kita temukan di Laut Tiworo. Mulai dari terumbu karang yang berwarna pink, coklat, kuning ada di wilayah ini. Ditambah lagi dengan adanya ginseng laut atau yang disebut rotan laut.

Berikut obyek wisata yang ada di Kabupaten Muna Barat yang bisa dikunjungi wisatawan: Tarung Kuda khas Muna Barat, wisata budaya ini sudah tersohor di dunia wisata lokal maupun internasional; Masijd Benteng, situs peninggalan sejarah, monumen perlawanan masyarakat muna terhadap penjajah saat itu; Pulau Indo, di pulau ini para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai berpasir putih dan disuguhi dengan pemandangan yang indah di waktu sore hari.

Status Penetapan

SK Bupati No.157 Tahun 2004 Tgl.3-5-2004

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Ikan pelagis, Udang, Kepiting bakau, Kerang mutiara, Lobster, Molusca, Lola

Wisata yang Tersedia

Menyelam, Snorkeling, Olahraga air

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan

Transportasi

Menggunakan kendaraan darat dari kendari yang dilanjutkan oleh speed boat/perahu motor menuju Muna Barat. Prasarana pelabuhan laut yang sudah tersedia adalah pelabuhan kapal laut yang terdiri atas Pelabuhan Raha serta dermaga-dermaga kecil yang ada di&

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.