Tidore Kepulauan
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
2.810 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Tidore Kepulauan sudah dikenal sejak zaman penjajahan karena potensi alamnya yang kaya, seperti cengkeh dan pala. Selain potensi alamnya yang melimpah, sejarah dan budaya yang ada di Tidore menarik untuk diulik oleh wisatawan yang datang.

Kekayaan Tidore Kepulauan bisa dilihat di salah satu obyek wisata di sana, yaitu Pulau Failonga. Pulau Failonga merupakan pulau yang tidak berpenghuni, namun pulau ini memiliki air yang jernih serta pasirnya yang halus dan putih. Ada juga Pantai Cobo yang berada di sebelah utara Pulau Tidore. Dari Pantai Cobo wisatawan bisa melihat Pulau Halmahera karena jaraknya yang dekat. Kemudian berikut beberapa obyek wisata lainnya yang bisa wisatawan kunjungi jika sedang di Tidore Kepulauan, yaitu Taman Laut Pulau Maitara, rumah lumba-lumba di Pulau Mare, Pantai Ake Sahu, Air Terjun Leku Cileng, Air Terjun Goheba, Pantai Rum, Museum Kesultanan Tidore, Pulau Woda dan tempat wisata lainnya

Status Penetapan

SK Nomor 72,2 Tahaun 2012

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Lamun

Wisata yang Tersedia

Menyelam, Snorkeling, Pengamatan burung

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan

Transportasi

Menggunakan transportasi darat menuju pelabuhan (Sofifi), jelajah wilayah konservasi dapat dilakukan dengan menggunakan kapal/ speed boat.

Atau dapat dari Bandara Babullah kemudian menggunakan transportasi darat ke pelabuhan Bastiong dapat ditem

Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.