Morowali
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
41.342 Ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Morowali memiliki obyek wisata menarik lainnya selain Danau Tiu, yaitu destinasi wisata alam di cagar alam Morowali. Ragam flora dan fauna yang mendiami hutan pegunungan serta pantainya yang indah menandakan ekosistem yang kaya menjadi data tarik khas yang dimiliki cagar alam ini. Selain tanaman khas pesisir dan tumbuh-tumbuhan yang biasa dilihat di dataran tinggi ada juga fauna langka juga mendiami cagar alam Morowali, seperti elang putih, burung maleo, dan belibis. Untuk mamalia cagar alam Morowali memiliki koleksi hewan kus-kus, babi rusa dank kera.

Keindahan Gunung Morowali, Gunung Tokala dan Gunung Tambussi bisa dinikmati di kawasan cagar alam Morowali dengan dataran datar dan panorama cantik yang dimiliki oleh teluk Tomori. Teluk ini memiliki obyek unik berupa batu yang berbentuk payung. Keindahan batu ini bisa di saksikan bila air laut sedang surut di pesisir pantainya. Sebuah goa yang bernama ‘Tapak tangan’ turut menambah kelengkapan wisata cagar alam Morowali. Keberadaan goa ini disempurnakan pula oleh obyek wisata Ganda-Ganda yang di percaya oleh masyarakat setempat sebagai situs sejarah penting.

Status Penetapan

SK Bupati Morowali No: 188.445/SK.6283/DKP/2013

Zonasi

-

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Mangrove, Ikan pelagis dan Ikan karang

Wisata yang Tersedia

Penyelaman, Snorkeling, Cgar alam, danau, Air terjun, Wsata pantai, Teluk dan tanjung

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan

Transportasi

Menuju Morowali dari jakarta melalui transportasi udara menuju Palu ibukota Propinsi Sulawesi Utara, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 10-12 jam perjalanan.

Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.