Pulau Lembata
516 Penilaian
Terumbu Karang
Habitat Ikonik
225.624 ha
Luas Kawasan
Kawasan Konservasi Perairan Daerah
Jenis Kawasan

Lembata berada di gugusan timur Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini memiliki nama lain, Lomblen dengan topografi dominan berupa wilayah pesisir pantai, perbukitan, dan gunung. Lembata memiliki potensi wisata yang cukup indah. Ada 12 tempat wisata yang sudah dimumkan Pemda Lembata dan sudah dikenal masyarakat, padahal ada banyak tempat menarik yang belum digolongkan sebagai tempat wisata. Misalnya pantai Waibura di kaki gunung berapi Petrus Geripe dan Adowajo, Tanjung Atadei dengan batu legendanya, pantai Waiteba dengan sungai wairajan dan pantai Loang, sumber air panas alami Sabo Tobo, sumber gas alam Karun Watuwawer dan lainnya.

Pulau Pasir Putih Awelolong atau Awololong merupakan salah satu lokasi yang sudah dikenal masyarakat lokal sebagai obyek wisata. Pulau ini berukuran kecil yang indah dan berpasir putih. Pada saat surut para pengunjung dapat memperoleh siput atau kerang dengan cara menggali pasir. Wisatawan juga dapat berlayar dengan perahu untuk menikmati panorama pantai yang indah

Status Penetapan

SK Bupati Nomor 420 Tahun 2012

Zonasi

SK Bupati Nomor 420 Tahun 2012. zona inti, zona perikanan berkelanjutan

Potensi Lokasi

Terumbu karang,Mangrove, Ikan pelagis, Mutiara, Teripang, Batu laga, Japing-japing, nen

Wisata yang Tersedia

Snorkeling, Penyelaman, Olahraga air

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan

Transportasi

Menggunakan transportasi udara, tersedia maskapai penerbangan perintis dari kupang. Transoportasi lain adalah menggunakan kapal dari kupang.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.