Laut Sawu
516 Penilaian
Hiu
Habitat Ikonik
3.355.352,82 ha
Luas Kawasan
Taman Nasional Perairan
Jenis Kawasan

Laut Sawu, sebuah kawasan perairan yang luas di jantung Nusa Tenggara Timur (NTT). Laut Sawu berada di tengah-tengah wilayah dan dikelilingi oleh gugusan kepulauan Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora). Perairan Laut Sawu masuk dalam kawasan segi tiga emas karang dunia (the coral triangle) yang memiliki keaneragaman hayati laut sangat kaya. Perairan itu memiliki sebaran terumbu karang yang luas dan beragam spesies, sekaligus tempat perlintasan bagi 14 jenis paus dan habitat aman bagi lumba-lumba, duyung, ikan pari manta dan penyu, selain menjadi kawasan utama jalur pelayaran nasional.

Kawasan konservasi ini menjadi habitat ikan paus, dugong, lumba-lumba, hiu, penyu, ditambah sejumlah spesies langka seperti paus biru dan paus sperma. Laut Sawu juga memiliki pantai yang begitu terkenal karena keasriannya, yaitu Pantai Tablolong. Hamparan pasir putih dan air yangjernih adalah daya tarik utama pantai ini. Airnya sangat jernih dan gradasinyaberwarna hijau ke biru laut gelap. Benar benar mengagumkan.

Status Penetapan

Kep MenKP No 5/KEPMEN/2014

Zonasi

Kep MenKP No 6/KEPMEN/2014, zonasinya: zona inti, pemanfaatan, perikanan berkelanjutan umum, perikanan berkelanjutan tradisional, perlindungan setasea, kearifan lokal, dan pemanfaatan pariwisata dan budidaya

Potensi Lokasi

Terumbu karang, Blue whale, Pygmy killer whle, Short-finned pilot whale, Risso's dolphin, Mangrove, Hiu, Penyu

Wisata yang Tersedia

Snorkeling, Penyelaman

Fasilitas Pendukung Wisata

Penginapan

Transportasi

Untuk menuju kawasan konservasi perairan Laut Sawu, dari Jakarta kita harus melalui Kota Kupang melalui Jalur udara kemudian dilanjutkan dengan moda transportasi laut.

Peta Lokasi
Peta Kawasan Konservasi
marinebuddies.org
Inisiasi WWF Indonesia
Copyright @ 2017 WWF-Indonesia, All rights reserved.